Kami mewakili Kepala BPPKSI, menghadiri pertemuan yang membahas tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Konservasi Ikan Capungan Banggai. Pertemuan ini telah dilakukan beberapa kali dan draft dokumen tersebut merupakan finalisasi draft yang akan diajukan sebagai Rancangan Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia.

Maksud dari dari Rencana Pengelolaan Perikanan (RPP) Ikan Capungan Banggai (RPP-KCB) adalah sebagai rumusan strategi dan rencana aksi dalam rangka mendukung kelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya Ikan Capungan Banggai (Ptreropogon kauderni). Tujuan RPP-KCB yaitu sebagai arahan dan acuan bagi pihak-pihak terkait untuk menyusun prioritas program yang selaras dalam rangka menjaga kelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya Ikan Capungan Banggai (Ptreropogon kauderni). Pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan Ikan Capungan Banggai diantaranya adalah lembaga penelitian, instansi pemerintah dan swasta, perguruan tinggi, petugas pengawasan, dan pelaku usaha.

Dalam pertemuan ini lebih difokuskan pada substansi matriks yang berisi enam sasaran. Salah satu sasaran yang dibahas adalah Tersedianya data status, informasi dan dokumentasi status populasi ikan BCF di habitat sebaran aslinya dan di perairan lainnya. Strategi yg diusulkan antara lain adalah: Pengembangan basis data, informasi dan dokumentasi status populasi ikan BCF di habitat sebaran aslinya dan di perairan introduksi (disajikan pada Matriks sasaran 1).

Matrik strategi dan rencana aksi konservasi Banggai Cardinal Fish periode 2016-2020 (DRAFT)

Gambar 1. A: Pimpinan Rapat (Pak Syamsul Lubis) dari PRL; B: Pak Mudatsir, dan Pak Agus dari PDSPKP; C: Ibu Gayatri dari Yayasan LINI (Gilimanuk) dan D: dari Kementerian Kehutanan.

Kalendar Kematian Masal ikan

Infografis BRPSDI

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Statistik Pengunjung

Today 66

Yesterday 74

Week 66

Month 3165

All 118098

Currently are 14 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Layanan Pengaduan Online

Email KKP

OFFICIAL WEBSITE FISHERIES REFUGIA INDONESIA

LINK TERKAIT

IKUTI KAMI