BRPSDI News - Manajemen data penelitian (research data management) atau yang sering disingkat RDM merupakan kegiatan mengelola dan memelihara data penelitian dan mengarsipkan data sesuai dengan kepentingan penelitian.

Pengelolaan data ini bertujuan agar data yang dihasilkan dalam sebuah penelitian dapat lebih mudah ditemukan, diakses, dipahami, dan dimanfaatkan kembali secara luas oleh masyarakat.

Manajemen data penelitian telah banyak diterapkan di organisasi dan lembaga penelitian, terutama di Eropa, Amerika, dan Australia. Dengan pengelolaan data riset yang terbuka akan memudahkan upaya berbagi data di kalangan peneliti. Praktik manajemen data penelitian juga merupakan bagian dari praktik sains terbuka (open science).

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Selasa, 28 September 2021, tim Lab Data Pusat Riset Perikanan (Pusriskan) yang dikoordinatori oleh Hatim Albasri, Ph.D melakukan koordinasi dan pengambilan metadata dan data riset BRPSDI sesuai dengan surat tugas dari Kepala Pusat Riset Perikanan.

Koordinasi dan pengambilan data didampingi oleh Subkoordinator Pelayanan Teknis dan staf sebagai koordinator pengelolaan data di lingkup BRPSDI. Kurasi data meliputi metadata riset, data pegawai, jasa uji laboratorium, publikasi, thesis dan disertasi, serta alat riset.

Kurasi data ini merupakan langkah awal dalam manajemen data lingkup Pusat Riset Perikanan yang bertujuan untuk kemudahan akses, keterbukaan informasi dan pengelolaan yang baik dalam manajemen data, khususnya data riset.

Kalendar Kematian Masal ikan

Infografis BRPSDI

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Statistik Pengunjung

Today 37

Yesterday 138

Week 303

Month 2320

All 113712

Currently are 12 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Layanan Pengaduan Online

Email KKP

OFFICIAL WEBSITE FISHERIES REFUGIA INDONESIA

LINK TERKAIT

IKUTI KAMI