BRPSDI News –Kilas balik pada Tanggal 10-13 Maret 2021, tim peneliti dan teknisi BRPSDI melakukan kegiatan survei lapangan trip I di Waduk Jatigede, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama BRPSDI dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang.

Tujuan dilakukan riset trip pertama adalah untuk memperoleh data dan informasi awal tentang kondisi lingkungan dan sumber daya ikan di Waduk Jatigede. Tim melakukan pengamatan kualitas air di 7 stasiun pengamatan, pada strata kedalaman permukaan 0 m, 4 m, 8 m, dan dasar perairan. Kualitas air insitu yang diukur meliputi suhu air, kandungan oksigen terlarut, konduktivitas, total dissolved solid (TDS), derajat keasaman perairan (pH), potensial reduksi oksidasi, kandungan CO2 terlarut, alkalinitas (DMA), kekeruhan, kedalaman maksimal.

 

Tim juga melakukan pemasangan jaring insang percobaan untuk memperoleh informasi sumber daya ikan di waduk tersebut. Sampel ikan yang diperoleh  diukur panjang dan berat, diamati TKG, serta diambil sampel saluran pencernaan dan gonadnya untuk keperluan pengamatan kebiasaan makan ikan dan fekunditas.

Hasil sementara survei lapangan menunjukkan bahwa secara umum kondisi kualitas air di Waduk Jatigede masih mendukung bagi kehidupan ikan. Kolom lapisan oksik perairan masih relatif cukup dalam hingga kedalaman 3 – 8 m tergantung lokasi penelitian. Kondisi tersebut terjadi karena masih adanya aliran Sungai Cimanuk yang cukup deras sehingga terjadi agitasi perairan.

Terkait sumber daya ikan di Waduk Jatigede, hasil tangkapan masih didominasi oleh tangkapan ikan asli Sungai Cimanuk yaitu ikan hampala (Hampala macrolepidota) yang relatif dapat ditemukan pada hampir di sebagian besar wilayah waduk. Ikan asli lainnya yang ditemukan adalah ikan keting, genggehek, seren, lalawak, tagih. Sementara itu, beberapa ikan introduksi atau ikan asing sudah mulai ditemukan juga seperti ikan nila, mas, oskar, sapu-sapu, patin dan kaca.

Selanjutnya hasil riset BRPSDI akan memberikan kajian optimalisasi pengelolaan perikanan di Waduk Jatigede kepada pemerintah daerah Kabupaten Sumedang.

Kalendar Kematian Masal ikan

Infografis BRPSDI

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Statistik Pengunjung

Today 95

Yesterday 143

Week 388

Month 2455

All 110334

Currently are 17 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Layanan Pengaduan Online

Email KKP

OFFICIAL WEBSITE FISHERIES REFUGIA INDONESIA

LINK TERKAIT

IKUTI KAMI