BRPSDI News - Pada hari Kamis tanggal 25 Februari 2021, Kepala Pusat Perikanan yakni Ibu Yayan Hikmayani melakukan kunjungan ke Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI) dan memberikan arahan langsung kepada peneliti dan pegawai BRPSDI. Kepala Pusat memerintahkan BRPSDI membuat roadmap kegiatan riset pemulihan di seluruh wilayah Indonesia untuk 5 tahun ke depan, serta membuat buku paket teknologi yang sudah siap diadopsi oleh pengguna. Prioritas riset dalam roadmap harus sejalan dengan program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat memberikan tantangan kepada peneliti BRPSDI untuk berkolaborasi dengan Balai Riset Perikanan Laut dan Balai Riset Budidaya Ikan Hias, dan memberdayakan Pulau Kongsi sebagai stasiun penelitian monitoring, pemantauan dan pemulihan sumber daya ikan. Kepala Pusat juga membuka peluang kepada peneliti sebagai tenaga ahli dengan SOP permintaaan tenaga ahli harus melalui eselon I, yakni bersurat kepada Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

Kepala Pusat menjelaskan terkait pentingnya diseminasi hasil riset baik hasilnya berupa soft (konsep tata kelola) maupun hard (contohnya TKB, fishway, dsb) agar dapat diadopsi secara luas. Riset yang layak untuk diseminasikan adalah riset yang sudah siap pakai atau TKT level 7, Puriskan sebagai core atau penentu level TKT. Diseminasi dapat diramu dalam bentuk talkshow dan kuis agar lebih menarik dan tidak membosankan. Terkait publikasi hasil riset, Ibu yayan menyarankan menggunakan bahasa ilmiah populer yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Selanjutnya, Ibu Yayan berkunjung dan memantau langsung kegiatan di Laboratorium Genetik Ikan, Laboratorium Kimia, Laboratorium Plankton dan Larva, Labotorium Benthos, serta Laboratorium Biologi Ikan dengan didampingi oleh Plt Kepala Balai dan Sub Koordinator Pelayanan Teknis. Laboratorium didorong untuk semakin meningkatkan sarana dan prasarana yang dimiliki sehingga dihasilkan data riset yang baik dan berkualitas. Pada akhir kunjungan, Ibu Yayan juga berkunjung ke rumah dinas pegawai yang ada di Munjul dengan didampingi oleh Plt Kepala Balai dan Sub Koordinator Tata Usaha untuk melakukan pemantauan terhadap aset Barang Milik Negara.

Kalendar Kematian Masal ikan

Infografis BRPSDI

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Statistik Pengunjung

Today 32

Yesterday 138

Week 298

Month 2315

All 113707

Currently are 11 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Layanan Pengaduan Online

Email KKP

OFFICIAL WEBSITE FISHERIES REFUGIA INDONESIA

LINK TERKAIT

IKUTI KAMI