BRPSDI News - Jumat, 19 Maret 2021, bertempat di Aula BRPSDI, telah dilaksanakan kegiatan Pemaparan Rencana Riset Tahun 2021. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt. Kepala Balai BRPSDI (Nanang Widarmanto, S.Pi).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Balai mengingatkan kembali tentang urgensi riset dan tantangan yang harus dihadapi ditengah dinamika kebijakan yang terjadi saat ini. Bahwasanya hasil riset yang dihasilkan harus berorientasi outcome dan sesuai dengan visi-misi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hasil riset harus dapat dimanfaatkan secara langsung oleh stakeholder maupun masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Balai BRPSDI juga meminta kepada Koordinator Kelompok Peneliti untuk segera menyusun Roadmap kegiatan riset 5 tahun ke depan dengan menyelaraskan Program Prioritas riset Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Tugas dan Fungsi Balai. Hal ini sangat penting guna mendorong eksistensi kelembagaan dan kontribusi nyata di bidang riset.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan rencana kegiatan riset oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan. Sesuai dengan Rencana Kerja (RENJA) BRPSDI Tahun 2021, BRPSDI memiliki 5 (lima) output kegiatan riset Data dan/atau Informasi Hasil Riset Perikanan dan 1 (satu) produk Teknologi Adaptif Lokasi (TAL) Hasil Riset Perikanan yang diterapkan.

Berikut merupakan judul kegiatan riset yang akan dilaksanakan BRPSDI selama Tahun 2021:

1. Riset Rehabilitasi Populasi Ikan Di DAS Cikaso, Sukabumi, Jawa Barat oleh Yayuk Sugianti, S.St.Pi., M.Si;

2. Riset Rehabilitasi Sumber Daya Ikan dan Lingkungan Di DAS Citarum Dalam Rangka Dukungan Terhadap Program Nasional Citarum Harum oleh Sri Endah Purnamaningtyas, A.Pi;

3. Penetapan kawasan refugia cumi-cumi di Bangka Belitung oleh Astri Suryandari, S.Si., M.Si;

4. Riset Optimasi Pengelolaan Perairan Embung dengan Aplikasi Model CBF oleh Dr. Amula Nurfiarini, SP., M.Si;

5. Riset Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Teluk Paraja, Provinsi Banten oleh Mujitanto, S.St.Pi., M.Si; dan

6. Aplikasi Terumbu Buatan Lobster Untuk Pemulihan Habitat dan Sumber Daya Lobster di Lombok oleh Danu Wijaya, S.Pi., M.Si.

Pemaparan Rencana kegiatan dilakukan oleh peneliti dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan masukan. Beberapa point penting yang menjadi masukan serta pertimbangan yang diberikan oleh profesor riset dan peneliti utama adalah tujuan kegiatan harus merepresentasikan judul, pemilihan diksi yang tepat dapat mempertajam sasaran dan tujuan kegiatan, hasil riset harus berorientasi outcome, mengidentifikasi kembali faktor resiko yang berkaitan langsung dengan waktu pelaksanaan kegiatan.

Di akhir kegiatan, Plt. Kepala Balai bersama dengan Koordinator Kelompok Peneliti membentuk tim kegiatan riset, baik riset APBN maupun Non APBN, sesuai dengan bidang kepakaran dari masing-masing peneliti lingkup BRPSDI.

Kalendar Kematian Masal ikan

Infografis BRPSDI

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Statistik Pengunjung

Today 28

Yesterday 86

Week 516

Month 1516

All 96464

Currently are 13 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Layanan Pengaduan Online

Email KKP

LINK TERKAIT

IKUTI KAMI