BRPSDI News, 24 Juli 2020 - Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI) di tengah pandemik ini tetap semangat melakukan kegiatan diseminasisebagai bentuk hilirisasi kegiatan riset kepada masyarakat. Sehubungan dengan penerapan social dan physical distancing untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19, diseminasi dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan melalui penyelenggaraan seminar virtual atau teleconference.

Seminar virtual yang diinisiasi oleh BRPSDI juga merupakan pengejawantahan dari tupoksi BRPSDI untuk menghasilkan IPTEK dan inovasi pendukung pemulihan sumber daya Ikan, baik di perairan tawar maupun laut.Seminar virtual Aksi Pemulihan Sumber Daya Ikan terbagi menjadi 3 sesi, yakni (1) Konservasi Kawasan Perairan, (2) Rehabilitasi Habitat, dan (3) Teknologi Peningkatan Produksi Perikanan di Perairan Darat dan Pesisir.

Seminar virtual sesi 1 dengan tema Konservasi Kawasan Perairandilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2020, diikuti oleh sekitar 300 peserta dari lintas sektor yang terdiri dari internal KKP (BRSDM, Ditjen Teknis, BJIPM, Itjen, dan Setjen), LIPI, Universitas/Perguruan tinggi, swasta dan para pemerhati konservasi. Seminar virtual sesi 1 diisi dengan keynote speaker oleh Bapak Dr. Ir. Aryo Hanggono, DEA selaku direktur Jenderal PRL, serta narasumber peneliti BRPSDI yakni Dra. Adriani Sri Nastiti, MS, Astri Suryandari, M.Si, dan kepala BKKPN Kupang yakni Bapak Ir. Ikram M. Sangaji, M.Si.

Seminar virtual sesi2 dengan tema Rehabilitasi Habitatdilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020, diikuti oleh sekitar 250 peserta dari lintas sektor yang terdiri dari internal KKP (BRSDM, Ditjen Teknis, BJIPM, Setjen), LIPI, Universitas/Perguruan tinggi, dan swasta, NGO dan para pemerhati lingkungan. Suatu kehormatan, seminar virtual sesi 2 dibuka oleh kepala BRSDMKP, yakni Bapak Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D. Keynote speaker pada seminar virtual sesi 2 adalah Prof. Dr. Ir. Ngurah Wiadyana, DEA. Narasumber untuk sesi 2yakni Yayuk Sugianti, S.St.Pi., M.T, Mujiyanto, S.St.Pi., M.Si, dan Danu Wijaya, S.Pi., M.Si yang merupakan peneliti BRPSDI, serta Beginer Subhan, S.Pi., M.Si yang merupakan dosen di IPB University.

Seminar virtual sesi 3 dengan tema Konservasi Teknologi Produksi Perikanan di Perairan Darat dan Pesisirdilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2020, diikuti oleh sekitar 250 peserta dari lintas sektor yang terdiri dari internal KKP (BRSDM, Ditjen Teknis, BKIPM), LIPI, Universitas/Perguruan tinggi, swasta, NGO dan para pemerhati lingkungan. Suatu kehormatan pula bahwa sesi 3 dibuka oleh Plt. Ka Pusriskan, yakni Dr. Bambang Suprakto, A.Pi., SPi., MT. Keynote speaker untuk sesi 3 adalah Dr. Ir. Didik Wahju Hendro Tjahjo, MS. Narasumber untuk sesi 3 yakni Dr. Amula Nurfiarini, S.P., M.Si, Ir. Amran Ronny Syam, M.Si, serta Ir. Sutardi, M.MA selaku Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Wonogiri.

Hasil seminar virtual diharapkan dapat memperkaya rencana aksi penerapan kebijakan pemulihan sumberdaya ikan sehingga dapat mendukung IPTEK dan inovasi bagi pembangunan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang berkelanjutan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi mensukseskan seminar virtual ini. Semoga seminar virtual ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Sahabat Bahari pun dapat menyaksikan siaran ulang seminar virtual Aksi Pemulihan Sumber Daya ikan pada kanal YouTube kami: Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 4

Yesterday 110

Week 430

Month 1262

All 67875

Currently are 19 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI

     

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Layanan Pengaduan Online