BRPSDI-News, Peneliti dari Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan Sdr. Mujiyanto, S.St.Pi, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Peneliti Ahli Madya Bidang Kepakaran Sumber Daya dan Lingkungan Perairan telah menjadi Narasumber dan Tenaga Ahli melalui Surat Undangan Kepala DKP Prov. Banten pada kegiatan Pencadangan dan rencana penetapan  Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K) di wilayah Teluk Paraja Kab. Pandeglang Provinsi Banten. Kegiatan di laksanakan tanggal 17 Oktober 2019 bertempat di Aula Utama Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Banten. Kegiatan dibuka Langusung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang di damping oleh Plt. Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Selama diskusi dan penyampaikan hasi kajian di pandu dan dimoderatori oleh Kepala Seksi Pengelolaan Ruang Laut dan Konservasi (Risnawati Rahayu, S.Pi).

 

Kegiatan membahas potensi, isu dan permasalahan serta rekomendasi rencana pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah perairan Teluk Paraja Kabupaten Pandeglang. Kegiatan pencadangan didasari oleh Kewenangan pengelolaan wilayah perairan oleh Pemerintah Provinsi Banten yang sebelumnya menjadi kewenagan Pemerintah Daerah Kab. Pandeglang berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2014. Dijelaskan dalam UU No. 23/2004 pada Bagian Kesatu Pasal 27 bahwa “kewenangan daerah provinsi untuk mengelola sumber daya alam di laut sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling jauh 12 (dua belas) mil laut diukur dari garis pantai ke arah laut lepas dan atau ke arah perairan kepulauan”. Maka kewenangan Pemerintah Daerah Kab. Pandeglang terhadap pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah Provinsi Banten.  Penerapan Undang-Undang 23 Tahun 2014 merupakan dasar bagi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten untuk melanjutkan program dan pengelolaan yang sudah berjalan di wilayah perairan. Hasil kajian diharapkan dapat menggali data dan informasi tentang potensi, kondisi, status dan permasalahan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pengelolaan kawasan. Kajian sumber daya di Kawasan Konservasi Perairan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K) adalah: a) Mengkaji kondisi dan status terkini kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; b) Mengkaji potensi di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; c) Mengkaji isu dan permasalahan di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; d) Mengetahui kondisi terkini aktifitas perikanan di perairan Mantiung Kec. Cikeusik; dan e) Menganalisis kesesuaian ruang bagi pengelolaan kawasan konservasi perairan pesisir dan pulau-pulau kecil (KKP3K).

Hasil dari kegiatan proses pencadangan saat ini dihasilkan suatu bentuk kesepakatan sementara bahwa pengelolaan kawasan konservasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di wilayah perairan Kec. Sumur, Kec. Cimanggu dan Kec. Cigeulis Teluk Paraja Kab. Pandeglang direncakan Rencana Pengelolaan dan Zonasinya sebagai kawasan konservasi Taman Pesisir yang selanjutnya dikenal sebagai Taman Pesisir (TP) Teluk Paraja Kab. Pandeglang. Merujuk pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut, maka penataan zonasi kawasan konservasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di wilayah perairan TP Teluk Paraja Kab. Pandeglang dilakukan sebagai upaya penataan kawasan berdasarkan fungsi dengan mempertimbangkan potensi sumberdaya, daya dukung dan proses-proses ekologis yang terjadi pada kawasan tersebut. Zonasi tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2008, dibagi menjadi 3 (tiga) zona dan 4 (empat) sub zona, yaitu:  a) Zona inti.; b) Zona pemanfaatan terbatas, terbagi dari: 1) Sub zona perikanan tradisional dan 2) Sub zona wisata pantai dan c) Zona lainnya, terdiri dari: 1) Sub zona rehabilitasi dan 2) Sub zona tambat labuh kapal tradisional.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 70

Yesterday 106

Week 176

Month 2377

All 77828

Currently are 9 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI

     

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?

Layanan Pengaduan Online