BRPSDI News, Kamis, 1 Agustus 2019. Data dan Informasi merupakan hal yang fundamental dalam sebuah institusi khususnya di BRSDM. Tugas dalam rangka pengumpulan, pengolahan, verifikasi, validasi dan analisis merupakan tanggungjawab dari sub bagian data, Sekretariat BRSDM.

Dalam penyelenggaraan riset dan pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan diperlukan dukungan data sebagai bahan kebijakan dan acuan agar pelaksanaan kegiatan riset dan pengembangan SDM KP lebih terarah, berdaya guna dan berhasil guna.

Untuk mendapatkan data yang valid dan akurat, diperlukan kegiatan proses statistik yang terdiri dari pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, analisis data dan interprestasi data yang dapat dilaksanakan melalui sinkronisasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Badan Pusat Statistik (BPS) baik di pusat maupun di daerah/unit pelayanan teknis (UPT).

Inti dari perencanaan adalah bagaimana mengantisipasi masa depan berdasarkan tujuan yang ditetapkan dengan melakukan persiapan berdasarkan data dan informasi yang tersedia saat ini. Kegagalan yang terjadi dalam sistematika perencanaan sering terjadi karena tidak di dukung oleh ketersediaan data dan informasi yang akurat, Oleh karena itu diperlukan dimensi data yang berkualitas. Dimensi data berkualitas yang baik harus memenuhi unsur: akurasi, relevansi, koherensi, keterbandingan, ketersediaan dan kejelasan, dan juga tepat waktu.

Untuk menghasilkan kebijakan yang tepat diperlukan data yang berkualitas. Selain data berkualitas, independensi data juga perlu dijaga agar data menggambarkan tentang suatu fenomena apa adanya (objektif).

“Membangun data itu mahal, tetapi pembangunan tanpa data itu akan jauh lebih mahal”

 

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 38

Yesterday 61

Week 149

Month 743

All 44260

Currently are 75 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI

     

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang informasi pada website BRPSDI?