BRPSDI MENGIKUTI SELEKSI PUI TAHAPAN III

BRPSDI News - Selasa, 25 September 2018, tim Pusat Unggulan IPTEK (PUI) BRPSDI mengikuti Seleksi PUI Tahapan III Pembahasan Masterplan PUI Tahun 2019 – 2034 di Ruang Komisi Utama, Gedung II BPPT Lantai 3, Jl. MH. Thamrin No.8, Jakarta Pusat. Pada kesempatan tersebut, Kepala BRPSDI memaparkan masterplan PUI Pemulihan Sumber Daya Ikan di hadapan Pembahas, yaitu Dr. Iding Chaidir, M.Sc dari Dewan Riset Nasional dan Dr. Ir. Endi Setiadi Kartamihardja, M.Sc dari Program FAO Indonesia serta Kepala Pusat Riset Perikanan, Dr. Ir. Toni Ruchimat, M.Sc. Masterplan berisi penguatan dan pengembangan fokus unggulan dan strategi rencana pencapaian target menuju penetapan sebagai PUI Pemulihan Sumber Daya Ikan. Proses diskusi berjalan dengan baik dan lancar selama kurang lebih 2 jam. Beberapa saran dan perbaikan yang diterima selama diskusi pembahasan masterplan menjadi bahan perbaikan bagi tim PUI BRPSDI sebelum disubmit ulang pada Jumat, 28 September 2018.

Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI), merupakan unit pelaksana teknis dibawah Pusat Riset Perikanan-BRSDM KP-KKP. BRPSDI merupakan satu-satunya lembaga riset di Indonesia yang melakukan riset pemulihan sumber daya ikan di perairan umum daratan maupun laut. Output hasil riset berupa teknologi dan kebijakan pemulihan sumber daya ikan diperoleh berdasarkan data dan informasi degradasi sumber daya ikan dari balai riset lainnya dibawah Pusat Riset Perikanan yang berorientasi pada produk budidaya dan stok sumber daya ikan. Output hasil riset BRPSDI telah dimanfaatkan oleh lembaga internal KKP (Dirjen Teknis dan BKIPM) dan Eksternal (Pemda, NGO, Swasta dan Masayarakat KP).

Ditetapkan BRPSDI menjadi PUI menjadi harapan besar untuk lebih memantapkan penyebaran kapasitas output hasil riset  tidak hanya nasional juga internasional. Degradasi sumber daya ikan mengakibatkan penurunan produksi ikan dan kerusakan habitatnya, oleh karena itu perlu dilakukan langkah pemulihan yang bertujuan untuk menjaga keberlanjutan (sustainability) yang merupakan salah satu pilar pembangunan kelautan perikanan saling terintegrasi yaitu  kedaulatan (sovereignity), keberlanjutan (sustainability), dan kemakmuran (prosperity). Pembangunan KKP adalah merupakan integrasi dari 9 agenda prioritas pembangunan nasional (NAWA CITA) yang berlandaskan pada pembangunan RPJMN 2015-2019. Oleh sebab itu BRPSDI mengusulkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) dibawah Kemenristek Dikti dengan tema “Pemulihan Sumber Daya Ikan dengan ruang lingkup meliputi  konservasi ekosistem dan jenis, rehabilitas habitat, dan stoking/penebaran (restocking dan introduksi jenis baru).  Ruang lingkup tersebut dijabarkan dalam kegiatan untuk menguatkan institusi dalam menghadapi tantangan kedepan, untuk menuju cita-cita institusi sebagai center of excellence pemulihan sumber daya ikan yang dikenal baik nasional maupun internasional. Strategi pencapaian target fokus unggulan BRPSDI yaitu “Pemulihan Sumber Daya Ikan“ sebagai Pusat Ungggulan Iptek  dibagi dalam tiga komponen: Absorptive Capacity, Research and Development Capacity, dan Disseminating Capacity, selanjutnya  akan diuraikan dalam Masterplan yang terbagi dalam strategi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 69

Yesterday 36

Week 174

Month 1060

All 25226

Currently are 21 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI