BRPSDI – Perwakilan dari BRPSDI sebagai tenaga ahli yaitu Bapak Mujiyanto, S.S.T.Pi., M.Si mengikuti Kegiatan Konsultasi Publik I KKM HMAS Perth yang berlokasi di Serang pada tanggal 8 Agustus 2018, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat (Ir. H. Suyitno, MM) didampingi oleh Kepala Bidang Sumberdaya Kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.

Kegiatan Konsultasi Publik I KKM HMAS Perth dilaksanakan sebagai salah satu agenda penting dalam dalam rangka penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi Kawasan Konservasi Maritim merupakan tindak lanjut kegiatan setelah dilakukan survei ekologi dan sosial ekonomi di wilayah sekitar Kawasan Konservasi serta untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam rangka pengembangan.

Peserta undangan pada kegiatan Konsultasi Publik I KKM HMAS Perth meliputi beberapa perwakilan dari Direktorat Kawasan Konservasi dan Direktorat Jasa Kelautan, Dirjen PRL KKP. Selain perwakilan dari kementerian peserta juga hadir dari beberapa instansi di Provinsi Banten, yaitu Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, BAdan Kesatuan Bangsa dan Poliltik, Dinas Pendidikan Prov. Banten, Pangkalan TNI Al (LANAL) Banten, Dit. POLAIR Polda Banten. Selain peserta dari pemangku kebijakan di tingkat Provinsi dan Kabupaten, peserta juga hadir beberapa Kepala Desa di sekitar area KKM HMAS Perth (Camat Pulau Ampel, Kades Pulo Panjang) dan beberapa tokoh masyarakat dari Pulo Ampel dan Pulau Panjang.

Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi KKM HMAS Perth sebagai upaya mengatur mekanisme pengelolaan Kawasan Konservasi Maritim dengan tujuan:

1.     Meningkatkan kinerja pengelolaan KKM HMAS Perth;

2.     Memenuhi persyaratan dalam rangka penetapan KKM oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan;

3.     Menjamin pelestarian situs kapal perang HMAS Perth sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) bawah air secara berkelanjutan;

4.     Mengoptimalkan pemanfaatan potensi situs kapal perang HMAS Perth;

5.     Meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di sekitar KKM HMAS Perth

Ruang lingkup dalam penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi (RPZ) pengelolaan Kawasan Konservasi Maritim (KKM) HMAS Perth di perairan Provinsi Banten adalah sebagai berikut:

1.     Penataan zonasi:

a.     Menganalisis potensi dan permasalahan dalam pengelolaan KKM HMAS Perth (secara detail diuraikan dalam Buku I).

b.     Melakukan penataan zonasi yang terdiri dari Zona Inti dan Zona Pemanfaatan Terbatas.\

2.     Strategi pengelolaan:

a.    Arahan pengelolaan jangka pendek dan jangka menengah (5 tahun) yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai bentuk strategi perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatkan potensi situs serta untuk mendukung upaya pengembangan wisata perairan dan edukatif di wilayah KKM HMAS Perth.

b.    Arahan pengelolaan jangka panjang (20 tahun) yaitu dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) serta Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 72

Yesterday 36

Week 177

Month 1063

All 25229

Currently are 19 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI