BRPSDI – 7 Mei 2018, Perwakilan BRPSDI (Tatok Priswanto, S.E; Engkos Kosasih; Sutaryo; Ade Kusmayadi dan Mayang Anjas Sesari, S. Ikom) menghadiri Kegiatan Kebijakan Tata Naskah Dinas lingkup BRSDMKP yang dilaksanakan di Gedung rapat Balai Riset Pemuliaan Ikan Sukamandi - Subang. Kegiatan ini membahas mengenai tata cara menulis surat, penomoran, kode klarifikasi, kewenangan dalam isi surat, penulisan KOP, surat kuasa dan pedoman lainnya mengenai persuratan. Yang menjadi Nara Sumber dari kegiatan ini adalah Bapak Junaedi Abdilah (PUSRISKAN) dan Eka Wahyu Ningtyas (Biro Umum SETJEN KKP). Hasil dari kegiatan adalah sebagai berikut:

1.    Surat tugas dan surat perintah berbeda/dipisah

2.    Naskah dinas koresponden : naskah dinas kores intern (nota dinas dan memorandum)

3.  Pengiriman naskah dinas dengan tingkat keamanan tertentu memerlukan perlakuan khusus dan dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk melalui kurir atau perusahaan ekspedisi dan tidak dipekenankan melalui fax.

4.   Pernomoran naskah dinas diberikan apabila naskah dinas telah ditandatangani oleh pejabar yang berwenang dengan menyerahkan naskah dinas yang telah diparaf pada lembah pengesahan dan menyampaikan nama pengolah kepada petugas untuk dicatatkan pada kartu kendali. Penomoran surat harus memperhatikan kode klasifikasi seperti yang tercantum pada permen KP NOMOR 67/PERMEN-KP/2016 tentang kearsipan.

5.  Pada hakikatnya setiap surat ke luar merupakan tanggung jawab pemimpin kementerian dan unit kerja yang bersangkutan. Surat ditandatangi oleh pejabat yang mempunyai kewenangan atau yang mendapat pelimpahan kewenangan, sesuai dengan tanggung jawabnya berdasarkan ketentuan.

6.  Kop unit kerja bagian dari kepala naskah dinas yang memuat logo kementrian disebelah kiri dan kanan logo ditulis KEMETRIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN, nomenklatur Unit Kerja Eselon I, alamat, kode pos, kotak pos, nomor telepon, nomor faksmile, laman, dan surat elektronik yang diletakan secara simetris.

7.   Untuk kepala UPT tidak ada kuasa mengenai surat peraturan, keputusan, pedoman, petunjuk pelaksanaan, instruksi, surat edaran.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 70

Yesterday 49

Week 172

Month 830

All 15991

IKUTI KAMI