Pada tanggal 14 September 2017 bertempat di Gedung Mina Bahari III Jakarta telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri BUMN dengan Menteri KKP tentang “Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Di Waduk Jatiluhur”. Pada hari itu pula, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Utama Perum Jasa Tirta II (PJT II) dengan Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan mengenai Riset Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Di Waduk Jatiluhur. Pendekatan pengelolaan perikanan berkelanjutan yang akan diterapkan di Waduk Jatiluhur merupakan hasil riset Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI). Model pengelolaan perikanannya adalah perikanan tangkap berbasis budidaya (CBF) dimana model perikanan ini lebih sesuai diterapkan di Waduk Jatiluhur karena:

  1. Non pakan buatan
  2. Optimalisasi pakan alami
  3. Memperbaiki kualitas perairan
  4. Mendukung ketahanan pangan
  5. Tersedianya protein hewani yang terjangkau
  6. Menyediakan lapangan kerja baru
  7. Meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar waduk

Dalam acara tersebut, Direktur Utama PJT II menjelaskan latar belakang perlunya diadakan kerjasama antara Kementerian BUMN dengan Kementerian KKP yaitu:

  1. Pentingnya keberadaan Waduk Jatiluhur sebagai perusahaan umum Negara yang menyuplai ketersedian air baku bagi wilayah Purwakarta, Karawang dan Jabotabek.
  2. Untuk hal tersebut maka dibutuhkan kualitas air waduk yang bersih dan baik sehingga salah satu cara untuk memperbaiki kualitas perairan di Waduk Jatiluhur dengan cara menebar ikan yang efektif memakan plankton, yaitu ikan bandeng.
  3. Ikan bandeng yang ditebar selain untuk memperbaiki kualitas perairan juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikannya di Waduk Jatiluhur.

Dalam sambutannya Menteri KKP, Ibu Susi Pujiastuti memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya atas kerjasama yang dilakukan dalam rangka memperbaiki kualitas air di waduk untuk air baku dan menjaga nilai penting Waduk Jatiluhur sebagai sarana vital nasional.

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 67

Yesterday 93

Week 247

Month 1264

All 22426

Currently are 83 guests and no members online

IKUTI KAMI