15 Mei 2017 - Simposium Nasional Pengelolaan Perikanan Krustasea Berkelanjutan Tahun 2017 dilaksanakan atas kerja sama WWF-Indonesia dengan Pusat Riset Perikanan (PUSRISKAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan (KOMNAS KAJISKAN), Institut Pertanian Bogor (IPB), Yayasan TAKA, serta beberapa pihak terkait lainnya. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari (15-16 Mei 2017) berlokasi di Gedung Mina Bahari (GMB) IV Lantai 15 KKP, Jalan Medan Merdeka Timur No. 16, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BRRSDM KP yang kemudian dilanjutkan oleh presentasi narasumber yaitu: Dr. Toni Ruchimat (Pusriskan), Prof. Dr. Indra Jaya (Ketua Komnas Kajiskan), Dr. Hawis Madduppa (Asosiasi Pengusaha Rajungan Indonesia/APRI) dan Abdullah Habibi (WWF-Indonesia) dengan moderator Prof. Dr. Ngurah Nyoman Wiadnyana. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel setiap ruangan untuk tema: biologi, ekologi dan dinamika populasi krustasea, praktik pemanfaatan ramah lingkungan dan aspek sosial ekonomi, serta regulasi, kelembagaan, dan pengelolaan berkelanjutan.

Terdapat sekitar 41 judul karya tulis ilmiah (KTI) yang lolos dan layak dipresentasikan dan KTI dari peneliti lingkup BRPSDI terdapat 4 KTI dengan judul antara lain:

  • Kebiasaan Makanan dan Interaksi Trofik Komunitas Udang Penaeid di Perairan Aceh Timur (Agus Arifin Sentosa, Dimas Angga Hedianto)
  • Penemuan Kedua Lobster Batik Merah (Panulirus longipes femoristriga Von Martens, 1872) di Teluk Sepi, Lombok Barat dan Beberapa Aspek Biologinya (Amula Nurfiarini dan Sri Endah Purnamaningtyas)
  • Kebiasaan Makan dan Luas Relung Beberapa Jenis Lobster di Perairan Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek (Danu Wijaya, Amula Nurfiarini, Adriani Sri Nastiti)
  • Aspek Biologi, Sebaran dan Pendugaan Daerah Asuhan Metapenaeus dobsoni (Miers, 1878) di Perairan Aceh Timur (Dimas Angga Hedianto, Astri Suryandari, Didik Wahyu Hendro Tjahjo)

Email KKP

LINK TERKAIT

Statistik Pengunjung

Today 55

Yesterday 16

Week 55

Month 316

All 26184

Currently are 7 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

IKUTI KAMI